Sabtu, 27 Februari 2016

Menakjubkan! Ternyata ASI Dapat Meyesuaikan Kebutuhan Bayi Secara Alami



ASI merupakan Air Susu Ibu yang di produksi seorang Ibu secara alami setelah kelahiran bayi, Air susu ibu diproduksi karena pengaruh hormon prolaktin dan oksitosin setelah melahirkan. Seorang dokter kandungan menjelaskan bahwa seorang Ibu secara alami dapat mengubah apa yang dimakan seorang Ibu untuk bayi mereka melalui ASI.

Sangat menakjubkan sekali ternyata ASI dapat menyesuaikan apa yang dibutuhkan oleh bayi, Minggu lalu seorang Ibu bernama Malorry berbagi cerita sebelum dan sesudah dia menyusui bayi perempuan nya. Mallory mengatakan,

"saya membaca sebuah artikel dari jurnal medis beberapa hari yang lalu tentang bagaimana perubahan susu ibu dapat  menyesuaikan kebutuhan bayi dengan cara lebih dari asupan kalori, jadi dokter ini membahas bahwa ketika bayi menyusui, bayi menciptakan hisapan di mana air liur bayi menyelinap ke puting ibu. diyakini bahwa reseptor kelenjar susu menafsirkan ada bakteri dan virus dan jika terdeteksi sesuatu yang tidak beres (yaitu, bayi sakit atau melawan infeksi), tubuh ibu benar-benar akan mengubah komposisi imunologi susu ini , menyesuaikan untuk patogen tertentu  dengan memproduksi antibodi yang di butuhkan. ( Klinis dan Translational Imunologi Studi menemukan bahwa ketika bayi sakit, jumlah leukosit dalam ASI seorang ibu meningkat.).  Saya memompa ASI pada kamis malam sebelum tidur. Saya menyusui bayi setiap 2 jam atau lebih dalam semalam dan tidak memompa lagi sampai pagi, saat larut malam jum'at pukul 03.00 anak saya sesak, rewel dan bersin, mungkin karena dingin dan FLU. Ketika bangun di jumat pagi saya melakukan pompa ASI seperti biasa, ASI yang saya pompa yang disebelah kanan foto, selama hari jum'at ini saya menghasilan ASI yang seperti colostrum (Seperti ASI yang pertama kali keluar saat beberapa hari melahirkan penuh antibodi dan leukosit ) dan ini terjadi setelah menyusui bayi yang kedinginan karena FLU semalaman. Sangat mengagumkan ya ?! Tubuh manusia tidak pernah berhenti membuat saya takjub"


Kehebatan ASI adalah ASI dapat menyesuaikan seseuai dengan apa yang dibutuhkan oleh anak. Jadi tidak mengherankan jika anak sakit ASI dapat membaca dan melakukan perubahan sesuai apa yang di butuhkan oleh si anak, "kata Dr Shazia Malik, Konsultan dokter kandungan dan ginekolog di The Portland Hospital Perempuan dan Anak.

Dr Malik menjelaskan, ASI yang sebelah kiri dalam foto yang keluar berwarna putih dan kabur karena memiliki lebih banyak air dibandingkan dengan protein,  sedangkan ASI yang berwana kuning krem kental memiliki lebih banyak protein dan antibodi. "

ASI mengetahui kondisi bayi dari seberapa sering bayi menyusui dan ASI akan beradaptasi dengan kebutuhan bayi, misal jika bayi sedang mengalami pertumbuhan maka ASI dalam tubuh Ibu akan menyesuaikan dengan kebutuhan si bayi.

Dr. Malik menambahkan, "secara alami ibu sangat pintar dan responsif terhadap kebutuhan anak"

sumber : goodhousekeeping.com  photo rai-ibuku-putih-468x168_zpsye9brefm.jpg

0 komentar:

Posting Komentar