Jumat, 25 Maret 2016

Tips Melatih SiKecil Agar Tidak Mengompol Saat Tidur



Sebagai orang tua pasti akan merasa kerepotan kalau saat tidur malam ternyata si kecil masih saja suka mengompol, akibatnya kasur basah karena ompol jadinya kasur pun harus dijemur biar kering, apalagi bau pesing yang nempel dikasur pasti susah hilang nya, jadi serba salah kan yah.

Memang wajar kalau anak kecil itu mengompol tapi kan tidak selama nya kita mau anak kita mengompol terus menerus, jika anak kita sudah berumur 1 tahun keatas sudah saat nya kita membiasakan si anak agar bisa disiplin untuk buang air kecil sebelum tidur agar si anak pun tidak mengompol lagi di kasur. Berikut ini beberapa tips dan cara yang bisa dilakukan sebelum tidur agar anak kita tidak mengompol lagi.
  • Pertama jangan berikan si kecil air minum apapun 1 jam sebelum tidur, Jika takut si kecil dehidrasi atau kekurangan cairan pastikan dalam sehari si kecil sudah mendapatkan asupan air yang cukup untuk tubuh nya, terlalu banyak air yang masuk ke dalam tubuh itulah yang memicu anak suka mengompol.
  • Biasakan si kecil untuk buang air kecil sebelum dia tidur, pada saat si kecil membersihkan diri sebelum tidur ingatkan dia untuk buang air kecil, lakukan setiap hari agar si kecil pun terbiasa dengan rutinitas ini. 
  • Saat si kecil ingin buang air kecil dan ternyata toilet jauh dari tempat tidur nya maka tugas kita untuk memberi kenyamanan saat si kecil menuju toilet, bisa dengan memberi penerangan yang cukup karena biasanya anak-anak tidak suka dengan gelap dan buat toilet di rumah bersih dan wangi sehingga si kecil pun merasa nyaman berada di toilet. 
  • Jangan biasakan si kecil dengan cerita-cerita seram karena akan membuat si kecil takut untuk ke toilet sendirian, sehingga dia lebih baik memilih mengompol daripada harus ke toilet sendirian.
Lakukan hal-hal di atas secara rutin, tapi jangan marah yah jika kadang atau sesekali anak kita masih mengompol, karena untuk melatih dan membiasakan anak kita untuk tidak mengompol lagi itu perlu proses dan waktu, jadi kita harus tetap sabar ya menghadapi nya.

Semoga tips ini bermanfaat ya untuk semua orang tua yang membaca artikel ini, dan sukses untuk mengajarkan anak kita agar tidak mengompol lagi :)


   photo rai-ibuku-putih-468x168_zpsye9brefm.jpg

0 komentar:

Posting Komentar